Blogger Widgets Blogger Widgets ABOUT KOREA, KPOP AND KDRAMA: Makanan khas Korea
  • Korewa zombie desuka
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor.Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor.

Makanan khas Korea

  • Selasa, Januari 20, 2015
  • 0 komentar
Pengaruh gelombang korea ternyata tidak hanya sekedar membuat musik dan drama korea saja yg populer. Begitupula kuliner asal negeri gingseng ini juga banyak diburu. Berbicara soal mencari tempat kuliner di Seoul, selain mengunjungi daerah Hongdae dan Itaewon yang terkenal dengan beragam jajanan khas Korea Selatan dan restoran-restoran yang menyediakan menu lezat kamu juga wajib menjelajah daerah Insandong dan Myeongdong.

Insandong dan Myeondong masuk dalam jajaran daerah yang populer dikunjungi para penduduk lokal maupun para turis untuk mencicipi jajanan pojang macha alias kaki limanya Korea Selatan. Yuk intip kuliner khas dari dua tempat ini seperti dikutip dari Korea Tourism Organization :

MAKANAN


1.Kkultarae





Kkultarae adalah salah satu kudapan manis khas Insandong. Kalau dilihat-lihat makanan ini bentuknya mirip seperti pupa kepompong berwarna putih terbuat dari benang-benang halus.

Kkultarae ini terbuat dari madu yang dikeraskan kemudian dicampur dengan tepung gandung dan dibuat dengan cara unik menggunakan tangan, dibentuk seperti benang-benang kemudian diisi dengan potongan kacang. Kkultarae sendiri memiliki arti gulungan madu. Untuk membelinya, makanan ini dibanderol rata-rata satu kotaknya seharga 5000 won atau sekitar Rp 40.000.

2. Hotteok




Hotteok adalah salah satu jenis kue beras yang populer di Korea Selatan. Bila biasanya banyak kue beras yang dimasak dengan cara dikukus, hotteok dimasak dengan cara digoreng. Kudapan adonan beras ketan ini berbentuk bulat pipih yang diisi dengan kacang tanah cincang yang dicampur dengan gula dan kayu manis bubuk. Jajanan khas satu ini paling enak dinikmati saat musim dingin. Satu potong hotteok biasanya dibanderol dengan harga 900 won, atau sekitar Rp 7.200.

3. Gukwa Ppang



Gukwa Ppang juga menjadi jajanan kaki lima yang paling enak dinikmati saat musim dingin. Kudapan ini adalah roti isi pasta kacang merah. Terbuat dari adonan tepung yang dimasak dalam cetakan bunga krysan. Diberi nama gGukwa Ppang karena bentuknya yang cantik dan mungil. Kudapan manis ini dibanderol dengan harga 1000won atau sekitar Rp 8000 setiap kantongnya.

4. Hodugwaja

Sebenarnya hodugwaja cara pembuatannya hampir mirip dengan gukhwappang yang terbuat dari adonan tepung. Bedanya hodugwaja dicetak dalam bentuk biji kenari dan diisi dengan pasta kacang merah dan sepotong kenari didalamnya. Godugwajapun populer sebagai hadiah maupun buah tangan. Sekantong kudapan ini dibanderol dengan harga 3000 won atau setara dengan Rp 24.000 dan 10.000 won untuk satu kotak hodugwaja yang biasa dijadikan oleh-oleh atau sekitar Rp 80.000.

5. Twigim



Ternyata tak hanya di Indonesia saja gorengan menjadi jajanan kaki lima favorit yang wajib dicicipi. Begitupula di Korea selatan. Istilah gorengan di korea dikenal dengan nama twigim. Twigim adalah gorengan yang biasanya terbuat dari udang, cumi, beragam sayuran seperti terong atau wortel atau ubi yang dicelupkan dalam adonan tepung kemudian digoreng. Twigim biasanya disajikan bersama saus kacang ataupun saus tteopokki. Seporsi twigim dibanderol dengan harga 2000 hingga 3000 won atau sekitar Rp 16.000 hingga Rp 24.000.

6. Dakkochi



Bila kamu penggemar olahan daging ayam, wajib coba makanan khas Myeondong ini. Yap bentuknya sama seperti satai ayam. Dakkochi sendiri adalah potongan daging ayam tusuk dan dimasak seperti satai ayam. Kudapan ini pun terdiri dari dua rasa, dengan saus pedas atau saus manis. Untuk menikmati satu tusuk Dakkochi kamu harus mengeluarkan uang sekitar 2000 won atau Rp 16.000.

7. Kkochi-eomuk



Kkochi emouk adalah salah satu kudapan favorite saat cuaca dingin. Kudapan satai fish cake ini rasanya mirip dengan bakso ikan, yang direbus dan disajikan bersama kuah kaldu lobak dan rumput laut. Paling enak dinikmati dengan saus sambal dan kecap asin. Harganyapun cukup terjangkau satu porsi kkochi-eomuk dijual dengan harga 700 won hingga 1000 won atau sekitar Rp 5.600 hingga Rp8000.

8. Gyeran Ppang



Yap, 
Gyeran Ppang adalah jajanan kaki lima yang mirip dengan egg muffins. Makanan ini adalah roti gurih yang ditengahnya berisi telur. Gyeran Ppang selalu disajikan dalam keadaan panas. Penjual gyeranppangpun mudah ditemukan disekitar pasar, sekolah, ataupun stasiun bus dan subway.

9. Kimchi


Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti "sayuran yang direndam."

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

10. Bbopki



Bbopki adalah permen tradisonal korea terbuat dari karamel yang berbahan gula pasir cair dipanaskan dan ditambahkan sedikit baking soda. Bbopki mirip dengan permen gulali warna-warni. Permen ini dibentuk dengan cetakan permen kemudian diberi tusuk bambu. Bbopki banyak dijual di jalan-jalan kota korea.

11. Gurita dan Cumi-cumi kering



potongan gurita dan cumi-cumi yang dikeringkan. biasa nya jajanan ini sudah dibagi-bagi dalam gelas kertas dan dipanaskan dengan sedikit mentega sebelum diserahkan kepada pembeli. selain itu para pedagang biasa nya menjual kripik cumi-cumi dan gurita 

12. Gimbap


Gimbap adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut.Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan.

Tidak diketahui asal-muasal gimbap. Ada yang mengatakan bahwa makanan ini diadaptasikan dari sushi Jepang. Namun, faktanya gimbap adalah makanan rakyat yang murah dan dibuat dari bahan yang sederhana. Berdasarkan buku Dongguk Sesigi yang ditulis pada zaman Dinasti Joseon, terdapat makanan yang dinamakan bokssam (bungkusan keberuntungan) yang dibuat dari nasi gulung yang dibungkus kim (rumput laut kering). Bokssam adalah makanan ringan yang dibuat untuk dimakan ketika berpiknik atau sebagai bekal perjalanan. Di tengah-tengah variasi baru gimbap yang saat ini bermunculan, terdapat gimbap yang dianggap paling asli di Korea, yaitu Chungmu gimbap yang berasal dari Chungmu di pesisir selatan Semenanjung Korea. Chungmu gimbap tidak memiliki isi melainkan hanya berupa nasi gulung rumput laut yang disajikan dengan kimchi dan cumi-cumi.

Bahan untuk membuat gimbap adalah nasi, daging dan sayuran. Nasi putih dibumbui garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan, daging kepiting, telur, daging iga sapi, kimchi, keju, tuna dan sebagainya. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji (acar lobak). Setelah semua isi digulung, biasanya diiris pisau sampai 8 potongan seukuran gigitan.

Gimbap dipilih sebagai makanan terfavorit dari 100 masakan Korea oleh orang asing. Mingguan terbesar Kanada, straight.com menuliskan artikel tentang kepopuleran gimbap yang bersaing dengan sushi yang berjudul Korean kimbap rolls out of sushi's shadow.

Di antara berbagai variasi gimbap, muncul versi populer yang berasal dari banyak negara, seperti French Gimbap (Perancis) dan California Gimbap (Amerika). French Gimbap dibuat berbeda dengan gimbap lain karena lembar rumput laut keringnya digulung dalam nasi sesuai selera orang Perancis yang kurang menyukai aroma rumput laut kering. California Gimbap dibuat dengan isi buah-buahan seperti apokat.

13. Hweori Gamja (Tornado Potato)



Tornado potato atau hweori gamja adalah jajanan pinggir jalan khas Korea yang berupa keripik kentang tusuk yang berbentuk spiral panjang. Camilan ini terbuat dari kentang utuh yang dipotong dengan pemotong khusus sehingga berbentuk kepingan tipis yang kontinyu seperti spiral atau gulungan angin tornado . Potongan kentang ini kemudian ditusuk dan digoreng hingga kering dan renyah. Setelah di goreng, kita bisa menambahkan dengan pilihan bumbu yang tersedia, seperti Barbeque, Keju, Pedas dan lainnya.

14. Jipangyi Ice Cream

Jipangyi Ice Cream ini tidak seperti ice cream biasa nya. Es ini tidak dimasukkan dalam cone pada umumnya, melainkan dalam roti, berbentuk tongkat yang berlubang. es krim ini khusus nya populer di Insadong

15. Sundae


Makanan ini terbuat dari usus sapi atau babi, dengan berbagai isian, hingga mirip sosis. Biasanya kemudian ia direbus atau dikukus. Sundae sangat populer sebagai jajanan, baik di Korea Selatan maupun Utara.

16. Ddukbokkie



Masakan ini sering tercium saat malam hari di kota-kota besar di Korea. Seperti Seoul, di sana banyak pedagang yang menjajakan Ddukbokkie dengan resep dan cita rasa sendiri. Makanan Korea ini merupakan jajanan jalanan yang paling populer dan datang dengan berbagai rasa.

Ddukbokkie dibuat dari kue ikan, telur rebus, ditambah saus pedas yang sedikit manis. Kue beras yang kenyal dan lembut, dihadirkan sebagai penawar rasa pedas.

17. Dakjuk

Dakjuk dibuat dari daging ayam yang direbus dalam air dicampur dengan bawang merah dan bawang putih. Kemudian ditambahkan nasi dan dimasak sampai daging ayam matang. Hasilnya, seperti bubur yang sangat kental, kaya akan daging ayam dan rasa bawang putih.

18. Yangnyeom Tongdak

Bila mencobanya, kamu mungkin tidak akan lagi ke Kentucky Fried Chicken, tapi beralih ke Korean Fried Chicken. Itu karena ayam goreng khas Korea dengan nama Yangnyeom Tongdak. Saat pertama kali menggigitnya, akan terasa saus yang manis bercampur pedas. Kemudian baru akan terasa renyah dan empuknya daging ayam.

19. Bibimbap

Pernah denger nama makanan yang satu ini?  kalian pernah nonton full house?? ada adegan dimana young jae atau ji eun makan nasi yang di campur2 dalam wadah semacam baskom gede. nah itu namanya bibimbab. kalau inget cara makan young jae kayaknya enak banget jadi ngiler...

Dalam bahasa Korea, “bibim” berarti “campuran” dan “bap” berarti beras. Semua bahan kecuali daging disiapkan sebelumnya yang kemudian akan ditambahkan di atas nasi hangat. Setelah itu, ditambahkan daging goreng dan telur mata sapi di atasnya.

Bibimbap biasanya disajikan dengan saus pedas terbuat dari gochujang (pasta cabai Korea) dan ditambahkan sesuai keinginan.
20. Bulgogi

Mungkin menu ini paling banyak dikenal orang, biasanya di restoran-restoran Korean BBQ selalu menampilkan Bulgogi. Menu ini terbuat dari irisan daging sapi yang dicelupkan dalam saus terbuat dari jus buah pir, bawang putih, kecap, dan lainnya. Rasanya, adalah sepotong daging lembut yang manis, gurih, dan lezat.

21. Japchae

Japchae adalah makanan Korea berupa sohun (dang myeon) yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Makanan ini termasuk salah satu banchan, dan dimakan sebagai lauk, terutama dalam pesta dan kesempatan khusus. Sayuran yang digunakan biasanya sayuran yang sedang musim. Japchae ditulis dengan dua aksara hanja, jap (hangul:잡, hanja:雜, dicampur dan diaduk) dan chae (hangul:채, hanja:菜, sayuran).

Bahan-bahan seperti daging sapi dan sayuran (wortel, paprika, jamur shiitake, bawang bombay, dan spinacia) dipotong kecil-kecil memanjang. Masing-masing bahan ditumis secara terpisah untuk mempertahankan aroma dan rasa. Bumbu berupa bawang putih, kecap asin, dan gula pasir ditumis dengan minyak wijen bersama daging sapi. Di dalam wadah atau wajan, semua bahan dicampurkan ke dalam sohun yang sudah direbus, dan diaduk-aduk bersama minyak wijen, irisan cabai, dan wijen. Nasi dengan japchae di atasnya disebut japchae-bap (잡채밥), dan dimakan sebagai hidangan utama.

cr; http://www.onlineshop-misscha.com/2014/09/21-jajanan-kaki-lima-khas-korea-selatan.html


 

Eucliwood hellscythe Theme | Copyright © 2012 ABOUT KOREA, KPOP AND KDRAMA, All Rights Reserved. Design by Djogzs, | Johanes djogan